Minggu, 23 Agustus 2009

Kucing dan Tikus

Alat : -
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Tunjuklah lima orang sukarelawan menjadi tikus dan seorang menjadi kucing. Sedangkan partisipan sisanya berdiri melingkar bergandengan tangan. Seolah-olah mereka menjadi rumah.

Ketika Anda bertepuk tangan sekali, mereka harus beranjak maju untuk membuat lingkaran yang rapat. Begitu dekatnya sehingga badan mereka berdempetan.

Manakala Anda bertepuk tangan dua kali, mereka harus mundur untuk membuat lingkaran selebar-lebarnya (dalam melakukan ini mereka tetap bergandengan tangan). Berikan aba-aba antara sekali dan dua kali tepukan tangan dengan irama yang ajeg (tetap).

Nah, tugas kucing sederhana saja, yaitu menangkap tikus. Dan tugas tikus? Ya, Anda betul, melarikan diri dari kejaran Kucing. Caranya dengan keluar-masuk lingkaran. Ketika lingkaran merenggang, kucing boleh menerobos masuk untuk menerkam tikus. Tapi tikus pun punya hak untuk ngacir keluar rumah. Jika kucing berhasil menangkap satu ekor tikus, ia mengurung buruannya di pojok ruangan.

Tikus apes (sial) yang tertangkap ini masih punya kesempatan bebas jika ada dua tikus lain yang masih bebas, yang menyentuhnya.

Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.

Tidak ada komentar: