Kamis, 03 September 2009

Permainan kelompok : Ayo Pindah!

Alat : Kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit


Semua partisipan duduk melingkar. Anda mulai aktifitas ini dengan mengatakan: "Setiap orang yang me-makai sepatu berwarna coklat pindah 5 kali ke samping kanan."

Partisipan yang sesuai dengan kriteria itu menghitung orang di samping kanan sampai orang kelima. Setelah itu ia menghampiri kursi itu. Tentu saja masih ada orang yang menempati kursi itu. Karena itu dia harus menyuruh penghuninya pergi. Caranya dengan memberi perintah sesuai dengan kriteria orang tersebut. Misalnya dia adalah guru sekolah minggu, maka perintahnya begini:"Setiap orang yang jadi guru Sekolah Minggu, pindah ke samping kiri 3 kali."

Tentu saja, kadangkala ada lebih dari satu orang yang sesuai dengan kriteria itu. Akibatnya mereka akan berebutan memberi perintah. Acara menjadi sedikit kacau. Di sinilah serunya aktifitas ini. Namun Anda tidak perlu campur tangan. Biarkan mereka yang mengatur diri mereka sendiri.

Permainan ini dikutip dari serial "Permainan Asyik". Dapatkan buku-bukunya dengan memesan di penerbit Andi dan penerbit Metanoia.

Tidak ada komentar: